Pembelajaran bahasa inggris berbasis sastra : pegangan guru kreatif dan inovatif | Perpustakaan Pusat
Text
Karya sastra merupakan karya yang dihasilkan dengan penggunaan bahasa yang alamiah berupa cerita pendek, puisi, novel, dan drama, yang tercipta dari imajinasi seorang penulis. Penggunaan karya sastra menampilkan penggunaan bahasa dalam konteks nyata dan mendorong peserta didik berimajinasi dan berimprovisasi serta menyatakan pendapat.
Pembelajaran menggunakan karya sastra yang sesuai dengan tingkat perkembangan bahasa peserta didik akan menciptakan ‘kemerdekaan’ pada siswa untuk berpikir dan menyatakan pendapat, tanpa harus takut bahwa apa yang dikatakan atau ditulisnya dengan bahasa dan hasil pemikiran sendiri salah atau benar. Buku ini menyajikan pentingnya penggunaan karya sastra dalam pembelajaran bahasa, khususnya Bahasa Inggris, contoh-contoh strategi penggunaanya di kelas, serta contoh-contoh karya dan pemanfaatannya untuk memfasilitasi peserta didik mengembangkan keterampilan berbahasa dan keterampilan belajar abad 21. Semoga buku ini bermanfaat bagi guru bahasa secara umum, atau guru Bahasa Inggris secara khusus.
Buku ini terdiri dari beberapa pembahasan, diantaranya:
Bab I Bahasa Inggris dan Prinsip Pembelajaran Efektif
Bab II Pembelajaran Bahasa Inggris dan Karya Sastra
Bab III Karakteristik Peserta Didik
Bab IV Pembelajaran Bahasa yang Memotivasi
Bab V Hubungan Sastra dan Budaya
Bab VI Menggunakan Cerita Pendek dalam Pembelajaran Bahasa Inggris
Bab VII Penggunaan Karya Sastra untuk Pembelajaran Nilai-Nilai dan Budaya
Bab VIII Asesmen Kompetensi Berbahasa dalam Pembelajaran Berbasis Sastra
Bab IX Menggunakan Drama Sebagai Materi Pembelajaran Bahasa Inggris
Bab X Menggunakan Puisi dalam Pembelajaran Bahasa
Bab XI Penggunaan Novel dalam Pembelajaran Bahasa
Bibliografi halaman 180-195.
BLU230220 | 420.71 LUH p C.1 | Perpustakaan Pusat UIN Walisongo | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
BLU230221 | 420.71 LUH p C.2 | Perpustakaan Pusat UIN Walisongo | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain