Bibliography Detail

Neraca energi tanpa reaksi kimia dan kelembapan : konsep dan aplikasi industri | Perpustakaan Pusat

# #
Image of Neraca energi tanpa reaksi kimia dan kelembapan : konsep dan aplikasi industri

Text

Neraca energi tanpa reaksi kimia dan kelembapan : konsep dan aplikasi industri


Energi merupakan salah satu kebutuhan penting bagi kelangsungan makhluk hidup. Selain itu, energi juga merupakan salah satu bagian yang menopang keseimbangan alam semesta. Berdasarkan sumbernya, energi dapat dibedakan menjadi energi tidak terbarukan dan energi terbarukan. Energi tidak terbarukan misalnya sumber-sumber yang berasal dari fosil seperti minyak bumi dan batubara, sedangkan energi terbarukan yang sekarang sedang digencarkan karena dipercaya lebih ramah lingkungan dan mempunyai potensi keberlanjutan contohnya seperti panas bumi, air, biomassa, sampah, matahari, angin, bioetanol, biodiesel, dan green diesel.
Melalui buku ini, kita akan menjumpai topik-topik penting untuk pemahaman dan perhitungan neraca energi antara lain panas entalpi, neraca energi pada proses dengan reaksi, kurva kelembapan, anĂ¡lisis derajat kebebasan, dan aplikasi neraca energi dengan reaksi kimia.
Buku ini dapat menjadi pegangan mata kuliah Neraca Energi. Buku ini disajikan untuk membantu mahasiswa teknik kimia dalam mengikuti kuliah Neraca Energi khususnya yang tanpa melibatkan reaksi kimia. Buku ini juga dapat menjadi pegangan bagi mahasiswa non teknik kimia untuk pengayaan materi energi. Pokok bahasan yang disajikan antara lain: Konsep Dasar Energi, Neraca Energi pada Proses Tanpa Reaksi, Perhitungan Perubahan Entalpi, dan Aplikasi Neraca Energi Tanpa Reaksi Kimia.
Melalui buku ini diharapkan mahasiswa mampu menjelaskan kembali tentang energi dan jenis-jenisnya, mengonversi satuan energi dari bentuk satu ke bentuk yang lain, mencari properti-properti termofisika penting, menginterpolasi data-data termofisika, menganalisis, menyusun, memformulasikan, menyederhanakan, dan menyelesaikan bentuk-bentuk neraca energi berdasarkan jenisnya pada sistem atau proses tertentu baik sistem tertutup atau terbuka, steady maupun unsteady state. Mahasiswa juga diharapkan mampu menjelaskan kembali dan menghitung tentang kapasitas panas baik pada komponen murni maupun campuran, serta mampu membaca tabel dan grafik entalpi dan steam table.

Termasuk bibliografi, glosarium, dan indeks halaman 85-91.


Ketersediaan
BLU231702531.6 DHO n C.1Perpustakaan Pusat UIN WalisongoTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
BLU231703531.6 DHO n C.2Perpustakaan Pusat UIN WalisongoTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
531.6 DHO n
Penerbit
Yogyakarta : Deepublish.,
Deskripsi Fisik
xii, 91 halaman : ilustrasi ; 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786230218163
Klasifikasi
531.6
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
volume
Edisi
Cetakan pertama : November 2020
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar