Implementasi beyond centers and circles time (BCCT) approach untuk menumbuhkan aspek moral keagamaan pada anak usia dini : studi komparasi antara TK dan RA di Kota Semarang
No. Panggil
|
2X7.31 MUR i
|
Pengarang
|
Abdul Wahid; Siti Tarwiyah; Mursid;
|
Tempat Terbit
|
Semarang
|
Penerbit
|
Puslit IAIN Walisongo
|
Tahun Terbit
|
2008
|
Subject
|
Pendidikan Islam;
|
Klasifikasi
|
2X7.31
|
Abstrak/Catatan
|
BAB I PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
B.Rumusan Masalah
C.Tujuan dan Manfaat Penelitian
D.Kerangka Koseptual
E.Metodologi
-Pendekatan
-Sumber Data
-Teknik Pengumpulan Data
-Teknik Analisis Data
-Desain Penelitian
BAB II LANDASAN TEORITIK
A.Karakteristik Anak Usia Dini
B.Pendekatan Beyond Center and Circle Time (BCCT)
C.Pengembangan Aspek Moral Keagamaan Anak Usia Dini
-Hakikat Pengembangan Nilai Keagamaan pada Anak Usia Dini
-Pola Orientasi Moral Keagamaan Anak Taman Kanak-Kanak
-Tahapan Perkembangan Moral Anak
-Pendekatan Inovatif Pengembangan Nilai-Nilai Agama
-Tahapan Penilaian
BAB III TEMUAN PENELITIAN
A.Gambaran Umum TK dan RA di Kota Semarang
-Kelebihan dan Kelemahan TK
-Kelebihan dan Kelemahan RA
B.Potret Pelaksanaan Pembelajaran dengan Pendekatan BCCT untuk Menanamkan Nilai-Nilai Moral dan Agama di TK dan RA di Kota Semarang
-TK Negeri Pembina
-TK Aisiyah
-TK Bunda Hati Kudus
-TK Islam Al-Muna
-TK Pertiwi
-TK Islamic Centre
-RA Walisongo
-RA Al-Hidayah
-RA Al-Khoiriyah I
-RA Perwanida
-RA A’isyah
-RA Al-Islam
C.Tingkat Pengembangan
BAB IV ANALISIS
A.Implementasi BCCT Approach untuk Menumbuhkan Aspek Moral Keagamaan pada Anak Usia Dini
-Pijakan Lingkungan Main
-Pijakan Pengalaman Sebelum Main
-Pijakan Pengalaman Main Untuk Setiap Anak
-Pijakan Pengalaman Anak Setelah Main
B.Tingkat Pengembangan Pendekatan BCCT di TA dan RA
BAB V PENUTUP
A.Kesimpulan
B.Rekomendasi
C.Kata Penutup
|