Budaya dan desain komunikasi kebijakan publik : teori dan contoh kasus aplikasinya



No. Panggil 302.2 MAN b
Pengarang Mani, La; Guntoro, Budi;
Tempat Terbit Bandung
Penerbit Remaja Rosdakarya
Tahun Terbit 2020
Subject Komunikasi;
Klasifikasi 302.2
Abstrak/Catatan Kebijakan dapat dikategorikan sebagai pesan yang bersumber dari suatu institusi, baik swasta maupun pemerintah yang ditujukan kepada publiknya agar bersedia untuk menerima tanpa adanya penolakan. Namun, dalam realitas yang empirik, tidak semua kebijakan dapat diterima begitu saja, banyak pula kebijakan yang diabaikan, ditentang, dan bahkan ditolak oleh publik. Bagi komunikaor dan aktor kebijakan, penting untuk mengetahui dan memahami dengan baik dimensi-dimensi yang memengaruhi kegagalan dalam komunikasi kebijakan. Buku ini, diawali dengan variabilitas budaya komunikasi dalam menciptakan efektivitas penerimaan suatu kebijakan publik. Budaya menjadi entry point penting dalam komunikasi kebijakan publik karena komunikasi dan budaya tidak bisa dipisahkan. Ketika seseorang berkomunikasi, maka melekat padanya nilai-nilai budaya. Buku ini juga menunjukkan dan menjelaskan pola-pola komunikasi, eksistensi komunikator atau aktor, bentuk, model, sifat pesan, pemilihan media, serta teori-teori dan contoh kasus sebagai wujud praktis untuk melakukan komunikasi kebijakan. Buku ini penting untuk dimiliki oleh akademisi, dosen, mahasiswa, praktisi, orga- nisasi sosial, politisi, perencana kebijakan, komunikator dan agen kebijakan publik di berbagai institusi. ------------------ Daftar Isi Bab 1 Pengenalan Eksistensi Budaya A. Pendahuluan B. Pengertian Kebudayaan C. Karakteristik Budaya D. Dimensi-Dimensi Budaya E. Fungsi Dasar Budaya F. Nilai Budaya G. Perwujudan Budaya H. Budaya dalam Komunikasi I. Komunikasi Verbal dalam Budaya J. Komunikasi Nonverbal dalam Budaya K. Kesimpulan L. Referensi Bab 2 Komunikasi A. Pendahuluan B. Pengertian Komunikasi C. Unsur-Unsur Komunikasi D. Tujuan Komunikasi E. Bentuk-Bentuk Komunikasi F. Definisi Model G. Fungsi Model Komunikasi H. Tujuan Membuat Model Komunikasi I. Model-Model Komunikasi J. Kontekstual Komunikasi K. Kesimpulan L. Referensi Bab 3 Perspektif Umum Kebijakan Publik: Model Dan Perumusannya A. Pendahuluan B. Proses Desain Kebijakan Publik C. Kebijakan D. Kebijakan Publik E. Konteks dan Lingkungan Pembuatan Kebijakan Publik F. Model Perumusan Kebijakan G. Implementasi Kebijakan Publik H. Kesimpulan I. Referensi Bab 4 Teori-Teori Komunikasi Dalam Kebijakan Publik A. Pendahuluan B. Kesimpulan C. Referensi Bab 5 Komunikator Kebijakan Publik A. Pendahuluan B. Pembuat Kebijakan Publik C. Kesimpulan D. Referensi Bab 6 PuBlic Relations Officer (Pro) Sebagai Aktor Dan Agensi Komunikasi Kebijakan Publik A. Pendahuluan B. Aktor Komunikasi Kebijakan Publik C. Ruang Lingkup Public Relations D. Strategi Kerja Public Relations E. Potensi Public Relations sebagai Komunikator Kebijakan Publik F. Kesimpulan G. Referensi Bab 7 Sifat Komunikasi Dalam Kebijakan Publik A. Pendahuluan B. Sifat Pesan Komunikasi untuk Kebijakan C. Kesimpulan D. Referensi Bab 8 Komunikasi Efektif A. Pendahuluan B. Definisi Komunikasi Efektif C. Proses Komunikasi D. Hambatan-Hambatan Efektivitas Komunikasi E. Ciri Komunikasi dengan Umpan Balik Efektif F. Meningkatkan Efektivitas Komunikasi G. Kesimpulan H. Referensi Bab 9 Desain Komunikasi Kebijakan Publik Dalam Praktik Relokasi Pedagang Kaki Lima Di Kota Yogyakarta A. Pendahuluan B. Sistem Komunikasi Kebijakan Relokasi PKL C. Model Komunikasi Kebijakan Relokasi PKL D. Pengaruh Dimensi Budaya terhadap Komunikasi Relokasi PKL E. Pengaruh Komunikasi terhadap Opini PKL F. Pengaruh Opini PKL terhadap Konsensus G. Pengaruh Dimensi Budaya, Komunikasi, Opini, Konsensus terhadap Hasil Implementasi Kebijakan Relokasi PKL H. Kesimpulan I. Implikasi J. Referensi