Ilmu pendidikan Islam : analisis agama, pendidikan, dan sains perspektif pemikiran tokoh - Naquib al-Attas, Ismail Raji al-Faruqi, Mehdi Golshani, Hasyim Asy'ari, Ahmad Dahlan, Hasan Langgulung
No. Panggil
|
2X7.3 AMI i
|
Pengarang
|
Aminol Rosid Abdullah;
|
Tempat Terbit
|
Malang
|
Penerbit
|
Literasi Nusantara Abadi
|
Tahun Terbit
|
2021
|
Subject
|
Pendidikan Islam; Pendidikan Islam; ; Indonesia; ; Sejarah;
|
Klasifikasi
|
2X7.3
|
Abstrak/Catatan
|
Persoalan pendidikan merupakan kepentingan yang memperoleh prioritas utama sejak awal kehidupan manusia. Bahkan Rasullah telah mengisyaratkan bahwa proses belajar bagi setiap insan adalah sejak dalam kandungan hingga mendekati liang lahat. mengingat pentingnya pendidikan, sehingga pendidikan menjadi kebutuhan pokok manusia. Aktivitas pendidikan Islam pada dasrnya telah berlangsung dan berkembang bersamaan dengan kelahiran Islam. Pasang surut perjalanan pemikiran kependidikan Islam tidak terlepas dari interaksi dan akumulasi dengan berbagai peradaban di sekitar perkembanga Islam. Pemikiran tokoh- tokoh pendidikan Islam Naquib al attas, Ismail raji al furuqi, Mehdi Golshan, Hasyim Asy'ari, Ahmad Dahlan, Hasan Langgulung membrika aspirasi untuk berupya melakukan perbaikan dalam pendidikan Islam. Buku ini menyajikan materi yang mencakup latar belakang pemikiran pendidikan dari berbagai tokoh tersebut, menjelaskan seputar dan peta pendidkan Islam, biografi para tokoh, serta perspektif pendidikan Islam dari sudut pandang agama, sains dari pemikiran para tokoh.
Bibliografi : halaman 117-122.
|