Abstrak/Catatan
|
Saat ini dunia dihadapkan pada era Revolusi Industri 4.0. Revolusi Industri 4.0 dikenal juga dengan istilah era inovasi disruptif, di mana inovasi terus dapat berkembang sehingga mampu merusak atau mengganggu tatanan pasar yang sudah ada dan mampu menggantikan teknologi eksisting atau saat ini. Menghadapi tantangan tersebut lembaga pendidikan dituntut untuk melakukan perubahan-perubahan. Pada seluruh jenjang pendidikan. Pendidikan 4.0 bercirikan memanfaatkan teknologi digital dalam proses pembelajaran yang dikenal cyber system.
Guru sebagai garda terdepan memiliki peran yang sangat strategis dalam menyiapkan generasi yang siap menghadapi era Revolusi Industri 4.0. guru harus meng-upgrade menyelaraskan kompetensinya dalam menghadapi era pendidikan 4.0. Jika peran guru masih sebatas sebagai penyampaian ilmu pengetahuan (transfer of knowledge) maka peran tenaga pendidik akan terdisrupsi seiring dengan kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan perubahan dalam metode pembelajaran. Oleh karenanya, guru harus adaptif terhadap perubahan yang terjadi serta mampu menyelaraskan kemampuannya dengan perkembangan teknologi yang secara masif terus maju dan berkembang.
Buku Pengantar Ilmu Pendidikan: Memasuki Era Revolusi Industri 4.0, menguraikan berbagai materi secara komprehensif yang merupakan bagian utama pengantar ilmu pendidikan. Pada prinsipnya, buku Pengantar Ilmu Pendidikan memuat pelbagai bahasan antara lain: Hakikat Pendidikan dan Pendidikan Sebagai Sebuah Sistem, Pengertian Pendidikan dan Unsur-unsur Pendidikan, Aliran dan Asas-asas Pendidikan, Landasan- Landasan Pendidikan, Sistem Pendidikan Nasional, Lingkungan Pendidikan, Pendidikan Masa Depan Menghadapi Abad Ke-21, Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0, Inovasi Pendidikan, dan Pendidikan Sepanjang Hayat
Buku ini sangat layak dijadikan panduan atau referensi bagi mahasiswa, calon-calon guru yang sedang menempuh mata kuliah Pengantar Ilmu Pendidikan di Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) atau Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) di UIN, STAIN, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) , tapi hal ini juga harus dipahami oleh para guru atau tenaga pendidik, tenaga kependidikan, kepala sekolah, pengawas, penyuluh, instruktur, guru pamong, widyaswara, dan para praktisi pendidikan lainnya, serta masyarakat sehingga memperoleh wawasan tentang pendidikan secara komprehenshif.
Bibliografi : halaman 227-232.
|